#Blur

#Blur

Ekonomi 1. Jelaskan tentang fungsi stabilisasi APBN?
2. apa tujuan APBN dan untuk siapa kegunaan ? Jelaskan menurut saudara
3. Pengaruh apa saja APBN dan APBD terhadap kehidupan masyarakat?
4. Jelasin tentang fungsi pengawasan APBN ?
5.dari mana saja pemasukan APBN dan APBD ?​

1. Jelaskan tentang fungsi stabilisasi APBN?
2. apa tujuan APBN dan untuk siapa kegunaan ? Jelaskan menurut saudara
3. Pengaruh apa saja APBN dan APBD terhadap kehidupan masyarakat?
4. Jelasin tentang fungsi pengawasan APBN ?
5.dari mana saja pemasukan APBN dan APBD ?​

Jawaban:

1.digunakan pemerintah untuk menstabilkan keadaan ekonomi Negara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.Seperti pada saat terjadi inflasi, harga barang dan jasa cenderung naik.Melalui fungsi ini, masyarakat akan lebih mudah menilai ketepatan pemerintah dalam menggunakan uang Negara

2.Tujuan penyusunan APBN adalah sebagai pedoman pendapatan dan pembelanjaan negara dalam melaksanakan tugas kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja.

3.Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat maksudnya dapat mengetahui besarnya GNP dari tahun ke tahun. Menciptakan kestabilan keuangan atau moneter negara, karena dapat mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat.

4.berfungsi sebagai pengawasan, artinya, pembuatan rencana anggaran bisa menjadi pedoman untuk menilai segala jenis aktivitas penyelenggaraan pemerintah.

5.Merujuk pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), ada tiga sumber pendapatan negara, yaitu penerimaan pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan hibah

Penjelasan:

1. fungsi dari stabilisasi APBN untuk menstabilkan ekonomi negara agar terhindar dari lonjakan harga, inflasi, sehingga terjadi keseimbangan.

2. tujuan dari APBN adalah agar negara dapat mengontrol pengeluaran, pemasukan negara dalam banyak bidang sehingga pertumbuhan ekonomi negara bisa berjalan dengan baik.

kegunaan nya untuk siapa? tentu saja untuk seluruh rakyat negara, melalui kementerian-kementerian, seperti Kemendikbud, Kemensos dan lainnya.

3. pengaruh nya untuk masyarakat sangat banyak antara lain meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, masyarakat dapat meningkatkan fasilitas umum, pembangunan fasilitas di berbagai sektor.

4.memonitor atau mengawasi APBN agar sesuai dengan rencana awal penggunaan anggaran, terpenuhi atau tidak.

5. pajak, PNBP, hibak, utang, penjualan aset,

[answer.2.content]