#Blur

#Blur

PPKn Apa yang membedakan antara rumah adat satu dengan adat yang lain?​

Apa yang membedakan antara rumah adat satu dengan adat yang lain?​

Rumah adat merupakan salah satu kekayaan adat istiadat di negara Indonesia. Rumah adat dari suku-suku di Indonesia sangat unik karena terdapat banyak perbedaan antara satu rumah adat dengan lainnya. Berikut ini yang membedakan rumah adat satu dengan rumah adat yang lain:

  1. Bentuk desain dari rumah adat.
  2. Bahan bangunan dari rumah adat.
  3. Filosofi di setiap rumah adat.

Pembahasan

Indonesia memiliki begitu banyak rumah adat. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki kebudayaan dan suku yang beraneka macam. Setiap rumah adat di Indonesia juga sangat menarik dan unik. Setiap rumah adat memiliki ciri khas sendiri yang membuat rumah adat satu dengan rumah adat lainnya berbeda.

Perbedaan Rumah Adat di Indonesia

Berikut ini hal-hal yang membedakan antara rumah adat satu dengan lainnya:

  1. Bentuk desain dari rumah adat. Hal yang paling mencolok dari perbedaan rumah adat ada pada desain dan bentuk dari rumah adat tersebut. Misalnya Rumah adat Minangkabau yang bernama Rumah Gadang sangat berbeda dengan Rumah Adat Joglo yang ada di Jawa Tengah dan Jogja. Rumah Gadang bentuknya menyerupai tanduk kerbau. Sedangkan Rumah Joglo bagian atasnya menyerupai gunungan.
  2. Bahan bangunan dari rumah adat. Bahan bangunan dari rumah adat dipengaruhi oleh banyak hal. Sebagian besar yang mempengaruhi dari bahan bangunan rumah adat adalah letak geografis dimana rumah adat tersebut di bangun. Misalnya Rumah Joglo menggunakan genteng dari tanah liat untuk atapnya. Sedangkan Rumah Gadang menggunakan ijuk sebagai atapnya.
  3. Filosofi di setiap rumah adat. Rumah adat pasti dibangun dengan menggunakan filosofi yang tinggi. Artinya setiap ruang di dalam sebuah rumah adat ada makna dan tujuannya. Misalnya pada Rumah Gadang, jumlah ruangan dipengaruhi oleh jumlah wanita yang sudah menikah.

Pelajari lebih lanjut:

  • Pengertian Rumah Adat https://brainly.co.id/tugas/52214
  • Perbedaan Rumah Adat dan Rumah Minimalis https://brainly.co.id/tugas/14868962
  • Jumlah Rumah Adat di Indonesia https://brainly.co.id/tugas/817658

Detail jawaban:

Kelas:  VIII

Mapel: IPS

Bab: Keunggulan Lokasi dan Masyarakat Indonesia

Kode: 8.10.1

#AyoBelajar

[answer.2.content]